travel blog ideas

Aceh Dirundung Banjir Serta Kekeringan Sekaligus Juga , ini Keterangan BMKG

Aceh Dirundung Banjir Serta Kekeringan Sekaligus Juga , ini Keterangan BMKG

Dua kabupaten di Aceh dirundung banjir luapan sesudah diguyur hujan deras. Sesaat di Aceh Besar justru berlangsung kekeringan. BMKG memberikan keterangan berkaitan ketidaksamaan itu. Dua wilayah yang dirundung banjir yakni Aceh Singkil serta Aceh Selatan. Di wilayah ini, beberapa ratus rumah terbenang dan seribuan kepala keluarga terpengaruh. Sesaat di Aceh Besar, kekeringan membuat 1.593 hektare sawah terancam tidak berhasil panen.

“Kita di Aceh ada tiga zone yakni zone musim (zom), zone tidak kenal musim (non zom) serta zone equatorial yakni zone dimana akan judi online berlangsung hujan saat matahari ada digaris khatulistiwa. (Sebetulnya) Aceh saat ini telah masuk musim kemarau,” kata Kasi Data serta Info BMKG Aceh, Zakaria Ahmad waktu diminta konfirmasi detikcom, Rabu (29/1/2020). Menurut Zakaria, wilayah barat selatan Aceh disebutkan daerah tidak kenal musim. Untuk wilayah ini akan ada hujan tiap bulan walau dengan intensif sedikit, tetapi mempunyai potensi berlangsung hujan deras bila ada masalah di Samudra Hindia.

Baca juga : JALAN PANJANG CERES, PABRIK COKELAT PALING TUA DI ASIA

Hujan deras yang berlangsung pada Selasa (28/1) tempo hari di wilayah itu, tuturnya, dikarenakan terdapatnya perputaran angin tertutup (Edy) di samping selatan Simeulue. “Dengan ada Edy, karena itu berlangsung tikungan angin hingga mempunyai potensi tumbuhnya awan-awan konvektif atau awan hujan,” jelas Zakaria. Sesaat untuk daerah Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar beberapa, Utara Timur, Aceh Tenggara dan beberapa Aceh sisi tengah masuk dalam zone musim. Untuk wilayah ini akan alami perkembangan cuaca sesuai dengan datangnya musim. “Untuk zone musim ada pula kekuatan hujan, tetapi sifatnya tidak rata dengan intensif mudah sampai sedang,” papar Zakaria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *