travel blog ideas

Ketua Sebagian Besar Senat AS: Pemakzulan Trump Paling Tidak Adil Dalam Riwayat

Ketua Sebagian Besar Senat AS: Pemakzulan Trump Paling Tidak Adil Dalam Riwayat

Ketua sebagian besar Senat Amerika Serikat (AS) Mitch McConnell mencela keras pemakzulan Presiden Donald Trump oleh House of Reprentatives (HOR) atau DPR AS. McConnell mengatakan sekarang waktunya buat golongan Republikan yang menguasai Senat AS untuk ‘memperbaiki ini’. Seperti dikutip AFP, Jumat (20/12/2019), McConnell yang bicara di ruangan sidang Senat AS pada Kamis (19/12) waktu ditempat, menyebutkan pemakzulan Trump yang diloloskan DPR AS — yang didominasi Partai Demokrat — adalah pemakzulan ‘paling tidak adil’ dalam riwayat kekinian AS.

“(DPR AS) Sudah lakukan penyidikan pemakzulan paling terburu-buru, minimal lengkap serta minimal adil dalam riwayat kekinian,” ucap McConnell. “Ini, selama ini, adalah basis paling tipis buat pemakzulan presiden yang diloloskan House (DPR) dalam riwayat Amerika. Satu pihak politik dalam House of Representatives (DPR) sudah menyerah pada kemarahan simpatisan,” paparnya. Trump dimakzulkan atas tuduhan penyimpangan kekuasaan serta menghambat Kongres AS. Pemakzulan Trump diloloskan oleh DPR AS yang didominasi Partai Demokrat dalam voting pada Rabu (18/12) malam waktu ditempat. Dari DPR AS, proses pemakzulan akan berguling ke Senat AS untuk selanjutnya disidangkan. Beberapa senator AS nanti ingin memutuskan apa Trump bersalah atas dua tuduhan pemakzulan itu serta patut dimakzulkan.

Didapati jika Senat AS didominasi oleh golongan Republikan dengan formasi bangku ditempati 53 Senator Republikan menantang 45 Senator Demokrat yang bergabung dengan dua senator berdiri sendiri. Kemungkinan, Senat AS direncanakan akan melepaskan Trump dari tuduhan pemakzulan. Disebut McConnell jika cuma akan ada satu dari hasil sidang pemakzulan di Senat AS nanti. “Senat harus melakukan perbaikan ini,” sebut McConnell yang disebut Senator sebagai wakil negara sisi Kentucky.

Baca juga : NetEase Diberitakan Akan Membuat Film Onmyoji Live Action !

“Cuma akan ada satu hasil yang sesuai kekurangan bukti, penyidikan yang tidak berhasil, masalah yang sembarangan. Cuma satu hasil yang sesuai bukti jika beberapa tuduhan itu tidak koheren dengan konstitusional,” tegasnya. “Pekerjaan Senat benar-benar jelas. Saat waktunya datang, kita harus menjalankannya,” tutur McConnell dalam pengakuannya. Dengan terpisah, ketua minoritas Senat AS Chuck Schumer, mengubah beberapa kata McConnell untuk menyerangnya. “Ketua McConnell sedang berencana sidang pemakzulan paling terburu-buru, minimal lengkap serta minimal adil dalam riwayat kekinian,” ucap Schumer.

Disebut Schumer jika McConnell menahan golongan Demokrat untuk menyebut saksi-saksi untuk sidang pemakzulan di Senat nanti. “Saksi-saksi yang kami kemukakan adalah beberapa petinggi yang dipilih Trump. Mereka bukan Demokrat,” sebut Schumer yang disebut Senator Demokrat yang sebagai wakil negara sisi New York. “Kami tidak paham apa info mereka akan melepaskan presiden atau memberatkannya tetapi info mereka harus didengar. Arah kami di Senat, di atas segala hal, ialah supaya persidangan berjalan adil serta cepat,” pungkasnya. Awalnya, Ketua DPR AS Nancy Pelosi mengatakan belum melanjutkan tuduhan pemakzulan Trump ke Senat AS supaya bisa selekasnya disidangkan. Pelosi mengatakan faksinya menanti kejelasan masalah langkah Senat AS mengadakan sidang pemakzulan Trump sebelum melanjutkan tuduhan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *